Kebutuhan Air untuk Tubuh Tak Harus dengan Minum 8 Gelas Sehari

Rahma Lillahi Sativa – detikHealth

imgimg
(Foto: thinkstock)

Jakarta, Orang disarankan untuk minum 8 gelas air sehari agar tidak mengalami dehidrasi (kekurangan cairan). Tapi penemuan terbaru menunjukkan, kebutuhan air untuk tubuh tak harus dengan minum 8 gelas air sehari. Nah, lho!

Kebutuhan air untuk tubuh juga sebenarnya bisa didapat dari sumber makanan dan buah-buahan.

Jurnal kesehatan publik Australia menuliskan setiap orang bisa mendapatkan asupan cairan yang cukup untuk menjaga tubuhnya tetap terhidrasi hanya dari makanan dan minuman yang dikonsumsi. Bahkan kebutuhan air itu juga bisa didapat meski dari minuman berkafein seperti kopi dan teh.

“Hal ini berarti metode ‘minum 8 gelas sehari’ ini tidak lagi perlu direkomendasikan karena yang benar adalah minum air ketika merasa haus,” jelas Madelyn Fernstrom, ahli diet terdaftar seperti dilansir dari MSNBC, Kamis (7/6/2012).

Tapi jika orang ingin menurunkan berat badannya, maka banyak minum air justru membantu. Karena minum air dengan volume tinggi telah terbukti bisa menekan nafsu makan.

Tetapi mengkonsumsi makanan dengan kadar air yang tinggi seperti semangka, selada atau jeruk bali memberikan hasil penurunan berat badan lebih besar daripada sekedar menghindari lebih banyak makanan dan konsumsi air yang banyak.

Tubuh memang membutuhkan cairan dan air, tetapi banyak yang sudah terlalu banyak menghabiskan uang, tenaga dan rasa bersalah pada diri sendiri karena memaksakan minum lebih banyak air daripada yang dibutuhkan.

(ir/ir)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s