Bahan Makanan Yang Baik Untuk Jantung

Lemak Baik

minyak nabatiLemak tak jenuh seperti yang terdapat pada ikan dan minyak nabati seperti minyak zaitun, minyak kacang, minyak kanola. Menurut para ahli minyak-minyakan tersebut mengandung lemak baik yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Asalkan minyak nabati ini tidak dipakai untuk menggoreng tapi sebagai salad dressing atau untuk menumis yang tidak memerlukan panas yang tinggi. Walaupun lemak tak jenuh baik, tetap saja jangan dikonsumsi secara berlebihan karena kandungan kalorinya cukup tinggi.

Apel (malus sylvestris; malus domestica)

apelBuah berwarna merah, ada juga yang berwarna hijau ini pernah menjadi bahan penelitian R. Sable-Amplis dari Universitas Paul Sabatier, Toulouse, Perancis. Sable meminta sejumlah orang paruh baya yang sehat untuk makan dua buah apel setiap hari tanpa mengubah pola makan mereka. Sebulan kemudian, ketika kadar kolesterol mereka diperiksa kembali, 80% dari mereka kadar kolesterolnya turun sampai 30%.

Diperkirakan, kemampuan apel dalam membantu menurunkan kolesterol berkat kandungan pektin (serat larut) yang bersinergi dengan vitamin C yang juga terkandung dalam apel.

Ikan

ikanRendahnya jumlah penderita jantung koroner pada masyarakat eskimo dan Jepang menurut para ahli karena mereka sering makan ikan yang kaya akan asam omega 3. Asam lemak ini diyakini berkhasiat membantu menurunkan kolesterol. Menurut Lembaga Nasional Jantung dan Paru di US, 1 gr omega 3 mampu menurunkan kolesterol sebanyak 40%. Kalau begitu, anjuran para ahli untuk makan ikan minimal dua kali dalam seminggu itu baik kita ikuti mulai dari sekarang.

Bawang Putih (allium sativum L)

bawang-putihDalam sebuah jurnal kedokteran disebutkan bahwa bawang putih memiliki sifat antioksidan  yang sangat kuat sehingga dapat mencegah oksidasi lemak yang menyebabkan naiknya kadar LDL. Selain itu, bawang putih juga mengandung senyawa yang dapat menghambat pembekuan atau pengentalan darah, penyebab serangan jantung.

Rumput Laut

rumput lautDi pasaran, kita mengenal 2 macam rumput laut. Rumput laut berwarna putih yang sering dipakai untuk minuman dan rumput laut lembaran yang sering dimakan sebagai snack atau pembungkus roti (nori).

Penelitian Hartanta Sihombing, sarjana Institut Pertanian Bogor(IPB, 2003) pada tikus yang kadar kolesterolnya tinggi, ketika diberi rumput laut, kolesterol LDL dan trigliserinnya turun.

Sumber: http://gayahidupsehat.org/bahan-makanan-yang-baik-untuk-jantung/#ixzz1x095yv8p

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s